Sabtu, 29 Oktober 2011

BAB III METODOLOGI PENELITIAN


JURNAL ILMIAH


Judul               : ANALISA KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGANGGURAN, DAN KEMISKINAN(STUDI PADA 29 KABUPATEN DAN 9 KOTA DI PROPINSI JAWA TIMUR PERIODE 2001 – 2006 )

Pengarang       : Suci Amelia

Tema               : Kemiskinan


BAB 3
METODOLOGI PENELITIAN

3.1  Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan realisasinya tingkat pertumbuhan ekonomi,pengangguran dan kemiskinan. Sampel dalam penelitian ini adalah 38 kota/kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang terdiri dari 9 kota dan 29 kabupaten mulai tahun 2001 sampai tahun 2006.

3.2  Jenis dan Sumber Data
Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data kuantitatif yang meliputi data keuangan APBD dan realisasinya, pertumbuhan ekonomi, pengangguran, dan kemiskinan. Data diperoleh melalui dinas atau instansi terkait.

3.3  Pengukuran Variabel Penelitian
Rasio kemandirian1 diukur dengan total Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibagi dengan bantuan pusat dan pinjaman. Rasio Kemandirian2 diukur dengan total PAD dibagi dengan total pendapatan. Rasio efektifitas diukur dengan  realisasi penerimaan PAD dengan target penerimaan PAD. Rasio efisiensi diukur dengan realisasi pengeluaran dibagi dengan realisasi penerimaan. Variabel kinerja keuangan berupa rasio kemandirian1, rasio kemandirian2, rasio efektifitas, dan rasio efisiensi adalah variabel eksogen. Variabel pertumbuhan ekonomi adalah variabel eksogen dan variabel endogen, sedangkan variabel kemiskinan dan pengangguran adalah variabel endogen.      




        3.4 Model Penelitian




Sumber

1. ANALISA KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGANGGURAN, DAN KEMISKINAN, Priyohari, 2009.
2.      EVALUASI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH MELALUI ANALISIS RASIO KEUANGAN APBD DALAM ERA OTONOMI DAERAH, Fajar Arie Sasongko, 2009.
3.    PENGENTASAN KEMISKINAN DENGAN KEARIFAN LOKAL, Marcus J. Pattinama, 2009.




Tugas ini ditujukan untuk Bapak PRIHANTORO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar